Berminat jadi pengajar Kelas Inspirasi, Ini syaratnya!




Jombang, Kelas Inspirasi, suatu kegiatan non profit dimana mendidik, dan memotivasi anak sekolah menjadi tujuan utamanya. Inilah yang dilakukan oleh Relawa Kelas Inspirasi Jombang saat berbagi pengalamannnya ketika berkunjung ke salah satu Zona Inspirasi di salah satu SD Tapen di Kabupaten Jombang.




Menurut salah seorang Relawan Pengajar, dr Tissa, Kelas Inspirasi ini merupakan bagian dari Indonesia Mengajar yang digagas oleh Anies Baswedan yang menjadi  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini. Namun dalam pelaksanaannya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia Mengajar yang harus ditempatkan di daerah terpencil dan mengajar selama setahun. Sedangkan Kelas Inspirasi berlangsung sehari.

"Karena banyak yang ingin berpartisipasi dalam pendidikan Indonesia namun tak mampu untuk setahun, makanya pak Anies punya ide untuk membuat kelas inspirasi yang cukup sehari cuti. Jadi mereka yang kerja harus cuti sehari dan masuk ke sekolah dasar untuk mengajar," terang dokter cantik ini.



dr Tissa mengungkapkan, KI telah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Untuk Jawa Timur saja, telah memiliki penanggung jawab tiap kabupaten. Bagi relawan yang ikut pun terbuka untuk umum, namun ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki.

"Ada tiga syarat yang harus dimiliki untuk menjadi relawan pengajar, selain tadi harus cuti sehari, relawan juga memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun dan bersedia hadir saat briefing dan evaluasi," tuturnya.





Dengan memiliki motto sehari mengajar, selamanya menginspirasi, kini banyak bermunculan gerakan yang sama dan terbentuk demi memajukan pendidikan Indonesia. Walaupun mungkin dengan cara yang berbeda namun tujuannya tentu sama yakni memberikan motivasi pendidikan bagi anak-anak yang sekolah di daerah terpencil.


#timMedokKIJO


Comments

  1. Salam sejahtera,.

    Mbak Tissa, foto2 SD kita Tapen Kudu Jombang (KI Jombang 2015) msk dlm blog KI Jombang, bahkan foto2mu terpampang jelas di sini,
    tp knp kok dirimu nggak lolos daftar sebagai relawan pengajar KI Jombang 2016? :-D
    Ada apa dg panitia KI Jombang tahun ini mbak Tissa?
    (Hehehehe,. :-P )
    Semangat mbak Tissa, msh byk KI lainnya, msh banyak tempat berbagi dan meng-inspirasi. ;-)

    Semoga sukses KI Jombang 2016

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts